Domain Dot Tv Bukan Domain Untuk Televisi

Domain Dot Tv Bukan Domain Untuk Televisi

Pembahasan materi kuliah kali ini membahas tentang internet dan www. Ada satu hal pembahasan yang menarik pada kuliah malam ini, yaitu pembahasan tentang domain.

# Dosen : kalian tahu lazada.co.id ?
# Mahasiswa : (jawab mahasiswa) tahu pak.
# Dosen : yang saya maksud bukan nama lazada nya. (dosen bertanya) Yang ingin saya tanyakan apakah ada yang tahu maksud dari domain ber-extension .CO.ID ?

Lalu salah satu mahasiswa ada yang menjawab.

# Mahasiswa : domain .co.id biasanya di peruntuhkan untuk perusahaan.
# Dosen : oke betul,.... (dosen lanjut menjelaskan kembali materi).....
# Dosen : (dosen bertanya lagi) Anda tahu salah satu statsiun tv yang bernama antv, dia memiliki domain dengan nama an.tv .Yang saya tanyakan , disini adakah yang tahu apa arti dari extension .tv pada domain di itu ?
# Mahasiswa : extension .tv diperuntuhkan untuk statsiun tv.
# Dosen : (bertanya balik kepada mahasiswa) Lalu kalau saya mau buat domain pribadi dengan extension .tv boleh tidak ?
# Mahasiswa : boleh-boleh saja pak. asalkan syarat untuk membuat berextension tersebut bisa di penuhi.

Kemudian dosen membuka situs "namadomain.com" ,disana dia mengecek apakah ada syarat tertentu yang harus di penuhi untuk membuat domain .tv .

Pada saat ditanya apa arti dari domain .tv . Mahasiswa menjawab kalau domain .tv itu artinya untuk televisi. Ada hal yang membuat kaget mahasiswa, ternyata domain .tv itu bukan domain untuk televisi.
(ada pertanyaan dari mahasiswa) Lalu apa kalau bukan untuk televisi ?
(dosen menjelaskan) Domain .tv itu merupakan sebuah domain negara (country code) . domain .tv itu berasal dari negara TUVALU.
Tuvalu, dulunya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Tetangga terdekat adalah Kiribati, Nauru, Samoa dan Fiji.
(mahasiswa bertanya) Loh masa domain negara bisa di pakai umum + tak ada syarat apapun untuk membuatnya ?
 (dosen menjawab) Iyah, alasannya karena domain .tv sudah di generikan (umum). Tapi dengan di generikanya domain .tv , maka negara yang bersangkutan pun (negara tuvalu) akan mendapat semacam royalti dari setiap penjualan domain.

#Ref : http://www.iana.org/ ,Dosen, http://id.wikipedia.org/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.